Monday, November 23, 2015

Kunci Sukses Dalam Berorganisasi

Salam Mahasiswa Perindustrian Indonesia !
Hallo sobat flmpi rekan-rekan duta kampus,kali ini saya akan membahas mengenai kunci sukses dalam berorganisasi. Menurut saya berorganisasi sangat penting karena dapat menambah pengalaman dan pengetahuan kita. Dalam berorganisasi kita sangat di tuntut loyalitas terhadap organisasi tersebut maka dari itu kita harus bisa membagi waktu sebaik mungkin . Ada 3 hal yang sangat penting yang berkaitan dengan kunci sukses dalam beroganisasi , yaitu :

1. Manajemen Waktu

Manajemen waktu adalah cara yang dilakukan untuk mengatur dan menyeimbangkan waktu segala aktivitas yang ada dengan efektif dan efisien sehingga segala aktivitas dapat berjalan secara lancar dan terkendali. Dapat kita ambil contoh misalkan manajemen waktu di dalam beroganisasi dimana kita harus bisa membagi waktu antara berorganisasi dan melaksanakan tanggung jawab pendidikan dalam menyelesaikan tugas perkuliahan. Manajemen waktu dapat dilakukan mulai dari hal-hal kecil di keseharian kita misalnya dalam rutinitas sehari-hari sehingga dengan begitu dapat melatih kesadaran akan kedisiplinan di dalam diri kita sendiri.

2.  Manajemen Organisasi

Sebelum membahas mengenai manajemen organisasi kita harus mengetahui apa itu organisasi, organisasi adalah suatu wadah atau tempat perkumpulan beberapa orang yang melakukan aktivitas dan bekerja sama untuk mewujudkan tujuan yang sama yaitu tujuan dari organisasi tersebut. Sedangkan manajemen oraganisasi sendiri dapat diartikan sebagai perencanaan yang di tetapkan oleh
seseorang mengenai bagaimana bentuk organisasi tersebut, struktur organisasi tersebut , serta tugas dan tujuan dari organisasi itu sendiri. Disini dapat kita ambil contoh manajemen organisasi misalkan seseorang mengikuti beberapa organisasi sekaligus maka seseorang tersebut harus bisa membagi  waktu secara adil anatara organisasi satu dengan lainnya dengan mempertimbangkan prioritas dan melihat dari segi aja atau kepentingan serta kedudukannya di suatu organisasi tersebut.

3.   Kepemimpinan
Kepemimpinan adalah cara yang dilakukan untuk mengarahkan, memimpin, serta mempengaruhi seseorang. Dalam organisasi jiwa kepemimpinan sangatlah diperlukan, hal kecil yang harus dilakukan adalah dapat memimpin diri sendri untuk memiliki rasa tanggung jawab serta loyalitas terhadap organisasi yang diikuti. Untuk menjadi seorang pemimpin tidaklah mudah, karena seorang pemimpin harus bisa mengarahkan anggotanya kea rah yang lebih baik dengan maksud untuk mencapai tujuan bersama yaitu tujuan organisasi itu sendiri.


Dari penjelasan megenai 3 hal yang bersangkutan dengan kunci sukses dalam beroganisasi dapat dilihat bahwa 3 hal tersebut sangatlah terikat dan pernanannya sangatlah penting didalam organisasi.  Apabila dalam beroganisasi dapat menerapkan 3 hal tersebut maka akan memperoleh manfaat besar dalam organisasi.

No comments:

Post a Comment