Friday, May 8, 2015

mengenal lebih dalam "FLMPI STMI"

Hai sobat pembaca semua, apa kabar kalian yang disana??pasti kabar baik kan,,,dan siap untuk membaca lagi dan lagi mengenai FLMPI lebih mendalam,,sebenarnya untuk mencari informasi FLMPI lebih detail itu masih banyak yang perlu digali dan ditanyakan lebih lagi mengenai keabsahan kepada senior dan alumni yang telah mengalaminya sebelum kita nih,..
Oke,,masih semangat kan untuk cari tahu apa aja sih yang berhubungan dengan FLMPI,,sekilas untuk pertemuan kali ini akan dibahas mengenai sepak terjang FLMPI dari sejarah hingga perkembangan FLMPI di instansi – intansi dari 8 kampus, tetapi lebih mengerucut untuk FLMPI STMI aja yah,,

SEJARAH FLMPI
Forum lembaga mahasiswa perindustrian Indonesia atau yang disingkat dengan FLMPI adalah wadah yang menaungi dari aspirasi – aspirasi mahasiswa yang berada dalam lingkup delapan kampus dibawah kementrian perindustrian republic Indonesia. Mengapa disebut forum sekaligus lembaga atau ada forum didalam suatu forum yaitu lembaga eksekutif itu sendiri ?itu mulai terbentuk berawal dari perkumpulan para lembaga eksekutif mahasiswa (BEM) yang biasa kita kenal, dengan tujuan awalnya untuk menjadi penghubung antar 8 kampus tersebut. Dan sebagai jembatan informasi dari masing – masing institusi.
Forum lembaga mahasiswa perindustrian Indonesia (FLMPI) merupakan peralihan dari forum kerjasama lembaga mahasiswa perindustrian dan perdagangan Indonesia (FKLMPPI) yang berdiri pada tanggal 26 Desember 1997 di Akademi Teknologi Kulit Yogyakarta, yang disahkan dalam MUNAS (musyawarah nasional) IX dan MUBESNAS (musyawarah besar nasional) III FKLMPPI pada tanggal 18 Desember 2006 di kampus Akademi Teknik Industri Makassar. Dan sesuai dengan perkembangan zaman, maka nama FKLMPPI beralih menjadi FLMPI sejak tanggal 18 Desember 2006.
Nah, pembentukan forum (FLMPI) tersebut tidak mungkin berdiri sendiri tanpa adanya orang yang terlibat untuk menjadikan itu sebagai wadah aspirasi.

Berikut nama – nama yang menjadi deklarasi pada penetapan FKLMPPI dulu yang sekrang dikenal FLMPI antara lain mereka adalah:
1.      M. Syafarudin ( Akademi Teknologi Kulit, Yogyakarta)
2.      Ade Rosadi ( Akademi Pimpinan Perusahaan, Jakarta)
3.      Mhd. Pramanta ( Sekolah Tinggi Manajemen Industri, Jakarta)
4.      Diar Noorstiar H ( Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil, Bandung)
5.      Henry Ujung ( Pendidikan Tinggi Kimia Industri, Medan)
6.      Muhajir ( Akademi teknik Industri, Ujung Pandang / Makassar)
7.      ………… (Akademi Kimia Analisis, Bogor)
8.      ………… ( Akademi teknologi Industri, Padang)

TUJUAN FLMPI
Tujuan dengan dibentuknya FLMPI yaitu  untuk menjalin kerjasama antara mahasiswa perindustrian Indonesia untuk terwujudnya masyarakat yang adil dan makmur dalam rangka pengabdian kepada bangsa dan Negara yang diridhoi Tuhan Yang Maha Esa.
Dimana dasar perjuangan FLMPI adalah pada Tri Dharma perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Oleh karena itulah FLMPI didirikan karena bukan untuk kepentingan kelompok semata, melainkan untuk mengabdi kepada masyarakat pada umumnya. Telah diketahui bahwasanya mahasiswa merupakan sebuah motor penggerak perjuangan untuk melawan ketidakadilan dan kebobrokkan serta kecurangan dari para pemimpin yang rusak moralnya. Sehingga FLMPI disini sebagai organisasi pergerakkan, berjuang untuk mengawasi berbagai kebijakan yang tercipta baik intern (kampus) ataupun ekstern (lingkungan sekitar). Berjuang untuk membantu mahasiswa pada khususnya dan masyarakat pada umunya. Hal tersebut bertujuan untuk memperoleh keadilan dan informasi yang transparan akan suatu kebijakan yang tercipta.
Sekarang sudah mulai mengerti kan mengapa terbentuknya FLMPI?telah dijelaskan dari sejarahnya dan tujuan dari organisasi tersebut. Nah dalam berorganisasi itu pasti ada lah yang namanya kekuasaan yang sifatnya memimpin demi kelancaran dan kesuksesan selama berjalannya kepengurusan organisasi FLMPI ini. sekarang akan dijelaskan kekuasaan dalam FLMPI
4 KEKUASAAN FLMPI:
1.      Musyawarah Nasional /MUNAS
Kegiatannya berupa pengesahan GBHO, GBPK, LPJ dari setiap kampus. Selain itu, di dalam munas juga dipilihnya penanggung jawab (PJ) koornas, koornas, dan koorkam untuk masing – masing kampus, yang diadakan setiap satu tahun sekali dan tempatnya bergilir pada periode akhir kepengurusan. 
sebelum diadakannya MUNAS, maka ada yang namanya PRA-MUNAS untuk mengetahui persiapan panitia penyelenggara dengan anggotanya agar saat pelaksanaannya berjalan dengan baik.
2.      Rapat Koordinasi Nasional /RAKOORNAS
Untuk menindaklanjuti kinerja kepengurusan selama enam bulan sekali dan diadakan hanya sekali setiap satu periode yang tempat pelaksanaannya juga bergilir sesuai hasil keputusan pada rapat munas. 
sama halnya dengan PRA-MUNAS, tetapi di dalam RAKOORNAS dikenal dengan sebutan PRA-RAKOORNAS yang bertempat di institusi yang memiliki kekuasaannya sebagai KOORNAS. yang dilakukan juga berhubungan dengan persiapan dan perkembangan sebelum kegiatan RAKOORNAS dilaksanakan.
3.      Koordinator Nasional /KOORNAS
Merupakan kekuasaan tertinggi dalam FLMPI yang bersifat nasional. Di dalam koornas nama institusi yang terpilih lah yang merupakan pemegang kekuasaan tersebut dan disitu pula segala perkembangan informasi untuk seluruh 8 institusi di bawah kemenperin RI.
4.      Koordinator Kampus /KOORKAM
Merupakan pemimpin atau yang biasa dikenal ketua di setiap kampus, mereka yang sebagai koorkam ya mereka yang menjadi penghubung dengan pengurus – pengurusnya serta memberikan informasi terbaru untuk dikaji atau dikembangkan oleh pengurusnya. 

Para pengurus FLMPI ini bisa disebut sebagai duta kampus, mengapa demikian?? Kesannya wah dong pastinya? Nah hal tersebut dikarenakan mereka yang disebut duta kampus merupakan perwakilan dari kampusnya untuk menghadiri kegiatan – kegiatan rutin FLMPI, seperti rapat koordinasi nasional (RAKOORNAS) dan musyawarah Nasional (MUNAS) yang memang membahas mengenai perkembangan kampus masing – masing termasuk isu – isu kampus, dengan tujuan utamanya adalah memajukan kedelapan kampus dibawah kementrian perindustrian RI. 

Selain RAKOORNAS dan MUNAS, ada agenda Audiensi Rutinan dangan PUSDIKLAT dan juga Kementrian Perindustrian itu sendiri. Agenda audiensi rutin tersebut bertujuan untuk laporan, dan mengenai hal – hal apa saja yang memang dibutuhkan oleh kampus tetapi belum ada, serta mengkaji kebijakan – kebijakan yang telah dibuat. Nah begitulah kinerjanya mahasiswa sebagai organisasi advokasi yang ruang lingkupnya nasional.

No comments:

Post a Comment