Friday, June 12, 2020

PROGRAM STUDI PENYETARAAN D1 MANUFACTURING ALAT BERAT


Assalamualaikum Wr. Wb.
Salam sejahtera bagi kita semua.

SALAM FLMPI !
SALAM KERJASAMA MAHASISWA PERINDUSTRIAN INDONESIA!

Hallo, apa kabar teman-teman perindustrian Indonesia? Semoga sehat selalu yaa… aamiin.

Tidak ada bosannya kami BLOG FLMPI hadir untuk memberikan informasi kepada teman-teman semua. Kali ini BLOG FLMPI akan sedikit berbagi informasi mengenai program studi baru yang ada di Politeknik STMI Jakarta yaitu “Program Studi Penyetaraan D1 Manufacturing Alat Berat”. Waah… Keren bukan??? Penasaran seperti apa??? Mari kita simak…

Berdasarkan  hasil wawancara kami dengan salah satu dosen Politeknik STMI Jakarta yaitu Bapak Dr. Ir. Drs. Hasan Sudrajat, MM, MH. Tim Blogspot FLMPI STMI berhasil mengumpulkan informasi sebagai berikut:

Program Studi Penyetaraan D1 adalah Manufacturing Alat Berat yang bekerjasama dengan PT Komatsu. Dalam pelaksanaannya sendiri sudah ada sekitar 20 orang mahasiswa dan program ini sudah ada sejak Januari 2020.
Dalam penentu proses penyeleksiannya itu dilakukan oleh PT Komatsu sekitar 70% dan oleh Politeknik STMI Jakarta sekitar 30%. Para mahasiswa tidak membayar biaya kuliah melainkan ditanggung oleh PT Komatsu dan Politeknik STMI Jakarta.
Jadwal kuliah para mahasiswa adalah siang hari setelah bekerja. Sebelum adanya pandemik ini, perkuliahan dilaksanakan pada hari Sabtu bertempat di Politeknik STMI Jakarta dan pada hari Senin-Jumat bertempat di PT Komatsu yaitu yang berada di Cakung, Cikarang, dan Karawang.
Bentuk kerjasama antara Politeknik STMI Jakarta dengan PT Komatsu adalah PT Komatsu menyiapkan alat-alat praktikum, alat berat, pabrik, dan lain-lain yang membutuhkan biaya mahal, sedangkan  Politeknik STMI Jakarta menyiapkan silabus, kurikulum, dan dosen (walaupun ada juga dosen yang berasal dari PT Komatsu).
Dosen Politeknik STMI yang mengajar adalah mayoritas dosen program studi Teknik Industri Otomotif. Dan program studi Manufacturing Alat Berat ini sudah menggunakan metode dual system.
Sebelumnya telah dilakukan proses penyeleksian atau test. Mahasiswa yang terpilih adalah mahasiswa yang benar-benar ingin belajar lagi. Mahasiswa ini berasal dari pekerja PT Komatsu, sehingga mereka dapat mendalami lagi ilmu manufacturing di PT Komatsu tersebut. Sebagian mahasiswa juga berasal dari karyawan yang sudah lama bekerja di PT Komatsu.

Bagaimana? Keren banget kan…

Sekian informasi tentang Program Studi Penyetaraan D1 Manufacturing Alat Berat ini.
Tunggu terus kehadiran BLOG FLMPI  selanjutnya ya… Terima Kasih… Sampai Jumpa…

Wassalamualaikum Wr. Wb.

SALAM FLMPI!
SALAM KERJASAMA MAHASISWA PERINDUSTRIAN INDONESIA!

No comments:

Post a Comment